Desember 05, 2012

Still Life Fotografi

Add caption

Still Life Fotografi

Still Life merupakan pemotretan benda-benda mati yang tidak bergerak sendiri untuk suatu tujuantertentu atau menciptakan sebuah karya foto dengan media benda mati, misalnya patung-patung, gelas minuman, boneka-boneka porselen, keramik, bahkan bunga-bunga yang ditata dalam vas dan benda-benda kecil lainnya, itu semua harus diupayakan agar tampil 'hidup' dan menawan. Untuk itu perlu dibantu terutama dengan tata penyinaran yang canggih (sophisticated lighting).

Prinsip utama dalam foto still life :

1. Mencoba untuk menampilkan sisi-sisi menariknya secara detail

2. Melakukan penyinaran yang baik

3. Menata objek sedemikian rupa dengan tambahan-tambahan aksesori yang baik.





Tambahan latar belakang atau sesuatu aksesori lain jika dikehendaki memang akan lebih membantu menjadikan sebuah benda biasa menjadi lebih menarik. Dengan dukungan pemikiran konsep pemotretan yang tepat maka cara apa pun yang dilakukannya pasti akan menjadikan suatu objek benda mati menjadi lebih baik dibandingkan dengan memotretnya tanpa konsep yang jelas.



Still Life dikategorikan Menjadi dua yaitu :

1.Commercial Photography adalah Foto yang dibuat untuk keperluan komersil yang bertujuan mempromosikan suatu barang atau jasa atau agar foto yang dibuat mampu menjadi alat promosi yang baik dan berhasil (sesuai keinginan klien).
2.Fine Art Photography adalah Foto yang dibuat sebagai media berekspresi sang pemotretnya yang biasanya memiliki konsep yang sangat bebas.

Hal yang perlu diperhatikan di antaranya sbb:

1.Objek yang akan di foto dan karakternya

2. Konsep pemotretan

3. Teknik yang digunakan

4.Lighting/pencahayaan

5. Background dan asesoris

Membuat foto still life bukan sekadar menyalin atau memindahkan objek ke dalam film dengan cara seadanya. Karena bila seperti itu yang dilakukan, namanya adalah mendokumentasikan.
Konsep dalam foto stil life itu sendiri dapat ditampilkan dengan berbagai macam teknik, dari yang rumit dengan menggunakan efek-efek khusus hingga cara yang sederhana dengan lokasi di luar ruangan, atau dengan latar belakang suatu benda yang unik. Konsep adalah sesuatu yang sangat penting dalam menghasilkan foto, karena konsep merupakan jembatan atau media untuk menyampaikan bahwa gambar merupakan sarana berkomunikasi.

Pada foto still life diperlukan suatu teknik pemotretan yang baik, apakah mengenai sudut pemotretan, pencahayaan atau hal-hal lain yang terkait dengan tujuan pencapaian hasil foto yang artistik dan mengandung seni. Karena itulah untuk menghasilkan sebuah foto still life yang baik perlu adanya teknik pemotretan yang baik pula.

Meskipun yang menjadi objek pemotretan adalah benda-benda mati,untuk menjadi sebuah foto yang baik dan mengandung seni tidaklah semudah yang kita bayangkan. Terlebih bila kita harus menjadikan benda mati tersebut menjadi "hidup" atau berisi.

0 komentar:

Posting Komentar