Oktober 02, 2012

Catatan Si Pemula : Apa Itu Blog ?

Sebagai seorang pemula,seperti saya ini membuat blog ini adalah sebuah tantangan dan pengalaman baru.jujur saja saya ini bodoh,(Alhamdulillah sadar )
tapi kebodohan itu harus segera di sikapi tentunya,???
seperti petang ini,dengan udara yang sedikit panas(belum mandi),timbul pertanyaan pertanyaan tentang apa itu blog?sejarahnya gimana,macam macam atau jenis jenis blog,?tujuannya apa,?pentingkah dll?

Okelah karena terdesak dengan pertanyaan pertanyaan tadi,akhirnya saya terpacu untuk mencari tahu(tempe) hahaha agar ketidaktahuan saya tersebut terjawab.

Akhirnya Saya memutuskan untuk browsing browsing di internet dan menyapa om google yang saat itu sedang minum kopi..  hehehe

dan ketemu deh(//???) dengan salah satu website yang menguraikan sedikit tentang blog sekalian saja saya share buat postingan di blog pemula saya ini?
Begini, menurut sumber yang saya baca sudah mencangkup pengertian dan sejarahnya, Blog itu merupakan singkatan dari "web log" ? loh terus opo kui web log kang??

Web log adalah sebuah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs 23 Agustus 1999,sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog memang mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dll. ada blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Lalu apa jenis jenis blog yang saat ini ada di jagat alam maya ini,berikut adalah jenis jenis blog beserta keterangannya:

  1. Blog politik : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan : Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog riset : Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  8. Blog hukum : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  9. Blog media : Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  10. Blog agama : Membahas tentang agama
  11. Blog pendidikan : Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  12. Blog kebersamaan : Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  13. Blog petunjuk (directory) : Berisi ratusan link halaman website.
  14. Blog bisnis : Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  15. Blog pengejawantahan : Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing dll
  16. Blog pengganggu (spam) : Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)


Nah setidaknya itulah yang saya dapatkan dari sumber sumber yang saya temui tadi ?
Seperti yang sudah di uraikan di atas,fungsi blog itu beragam,tapi okelah yang lebih spesifik menurut saya bahwa Fungsi blog itu adalah sebagai bentuk wadah dan sarana untuk mengekspresikan diri,bisa berupa pendapat,opini opini,dll
bahkan dapat juga untuk bertukar pikiran,ide,berbagi cerita,pengalaman,tips dengan orang lain di seluruh penjuru dunia.

Tujuan membuat blog itu sendiri sebenarnya bisa di lihat dari manfaat yang di dapatkan,kenapa saya bisa bicara demikian,pada awalnya saya sendiri sih bingung,emang ada ya manfaatnya ( merenung sejenak,lalu berfikir,belum juga nemu apa manfaat membuat blog,ternyata saya lupa kalau belum minum susu,, hahahaha

nah sambil minum susu ketemu deh setidaknya hal ini versi saya.
Manfaat dari membuat blog atau manfaat yang saya dapatkan dari blog :
  • Membuka wawasan dan membentuk kerangka berfikir kita,menjadi lebih interaktif,positif,
weleh opo kui kang? Bsk lagi ya ? hahahahaa


  • Sebagai sebuah sarana promosi diri,produk dll

Promosi diri yang bagaimana ???,, hahaha.. karena dengan memiliki blog mau g mau memang kita harus bisa menulis (mau belajar),lalu dalam pengertian yang sederhana kita jadi di kenal kan,paling tidak karena artikel artikel yang kita muat itu menarik?

  • Sebagai tempat curhat atau Curahan hati/unek unek dll

Kok bisa,?? Salah satu dari Manfaat blog itu bisa juga sebagai tempat untuk curhat dan menulis hahaha contohnya perjalanan hidup,pengalaman bahagia atau tidak bahagia,puisi puisi. dll
Kalau dulu masih menulis di buku, saat ini zaman udah berubah,teknologi berkembang pesat,dan hal itu sekarang bisa kita lakukan secara online.(blog)
lalu tinggal kita atur aja di bagian tertentu dari blog,pkoknya mau rahasia atau tidak itu bisa di lakukan?

  • Dan yang terakhir bisa Memperoleh penghasilan,ah yang bennneeer,!!??

caranya ???
Jika Kamu sudah tahu tentang Adsense yang ditawarkan oleh Google,sepengetahuan saya yang pemula ini adalah degan cara mendaftarkan diri pada Adsense Google,kemudian menambahkan kode Adsense Google di blog Kamu.untuk info lebih lanjut saya anjurkan untuk mengunjungi rumah pak google langsung ja ya ? hahaha

Sebenarnya masih banyak lagi tentang manfaat dari blog itu,tapi semoga uraian di atas bisa mewakili setidaknya dari pertanyaan pertanyaan di pikiran saya tadi,dan semoga juga ada pembaca yang tadinya belum tahu,setelah membaca postingan saya ini menjadi tempe hahahaha canda we ah
Jadi kesimpulan dari semua uraian di atas adalah bukan penting ataupun tidak penting blog itu,karena menurut saya itu tergantung dari sudut pandang masing masing orang,tapi kalau pendapat untuk saya pribadi,blog itu penting,secara saya juga masih nganggur hahahha (ketahuan) jadi bisa untuk ajang berekpresi,mengisi waktu lowong,mari kita nge_blog!!! Hidup blog hahahaha mulai kacau kayaknya ne otak

Udahlah cukup sekian saja untuk posting kali ini,maaf banget jika banyak kalimat kalimat dan kata kata yang salah dalam ejaan dan kurang di mengerti dll,intinya si pemula “lagi belajar” jadi harap maklum????


0 komentar:

Posting Komentar